Dinas Kesehatan OKU Benarkan Ada Satu Warga OKU Diisolasi Di RSUD Ibnu Sutowo Diduga Terpapar Covid 19

oleh -4.647 views

BATURAJA, RumahBerita – Dinas Kesehatan Kabupaten OKU membenarkan adanya salah satu warga Baturaja yang diduga terpapar Covid 19 (Corona). Hal itu ditegaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan OKU Husni Tamri melalui Sekertaris Dinas Rozali SKM MM. Kamis (19/03).

Diketahui sebelumnya beredar isu di grub WA adanya salah satu warga Baturaja yang dirawat di RSUD Ibnu Sutowo Baturaja yang sebelumnya melakukan perjalan ke Jakarata.

Berdasarkan informasi yang beredar di grub WA diketahui Sekitar pukul 17.45 WIB, UGD RSUD Ibnu Sutowo Baturaja menerima pasien dengan riwayat perjalanan dari Jakarta bersama keluarganya di daerah Cingkareng dalam rangka mengahdiri acara pernikahan keluarganya, dan berdasarkan pengakuan dari pasien tersebut yang bersangkutan sempat kontak dengan warga Negara Italia saat naik Bis di daerah Jakarta.

Baca Juga =  Salah Paham Saat Beli Buah, Anggota Polisi Militer Ditembak Polisi, Begini Kronologisnya 

Pasien tersebut tiba di Baturaja dari Jakarta pada tanggal 16  Maret 2020 dan sudah mengalami sakit saat kembali di Baturaja namun dia hanya melakukan istirahat di rumah saja sambil menghabiskan waktu cuti kerjanya.

Adapun pasien berinisial KC  (38) warga Kelurahan Sukajadi Kecamatan Baturaja Timur. Berdasarkan hasil pemeriksaan dari tim medis diperoleh data sebagai berikut Suhu 36 derajat celcius (normal), namun pasien mengalami batuk serta sulit bernafas. Keadaan umum Compas Mentis (kesadaran penuh) riwayat dari Jakarta. Diagnosa medis: Suspec Covid-19.

Saat ini pasien masih berada di Ruang isolasi Rindu 3 Rsud ibnu Sutowo Baturaja sampai menunggu perkembangan lebih lanjut.

Direncanakan awal untuk pasien ini akan dirujuk ke Palembang namun dikarenakan sesuatu pasien saat ini dipindahkan dari isolasi UGD menuju ruang isolasi rindu 3 Rsud Baturaja sambil menungu perkembangan pasien.

Baca Juga =  Diusung Partai Amanat Nasional Pasangan Hipni Dan Melin Siap Maju dipilkada Lamsel.

Permasalahan ini sudah disampaikan pihak Rumkit RSUD Kepada Dinkes Kab.OKU dan sudah dilaporkan kepada Bupati OKU .

Untuk anak pasien yang sedang duduk di TK yang saat itu ikut juga ke Jakarta saat ini sedang mengalami sakit juga  namun tidak dirawat dan tidak dimasukkan di ruang isolasi namun petunjuk dari dokter apabila orang tua di efakuasi ke Palembang maka anak tersebut harus ikut juga ke Palembang.

“Kemarin sore setelah Mahrib kami sudah menyiagakan tim 119 berikut mobil ambulan untuk membawa pasien ke rumah sakit rujukan di Palembang, akan tetapi sesuai dengan tatalaksana medis terkait penanganan pasien Virus Corona, harus ada rujukan dari rumah sakit awal untuk di rujuk ke Palembang. Untup pastinya poaitif atau tidak itu kewenangan dari Rumah sakit rujukan, selama belum ada dari pihak rumah sakit Rujukan halnitu belum bisa dikatakan Positif Corona,” terang Rozali kepada RumahBerita.

Baca Juga =  Ditengah Pandemi Covid-19, Upacara Dalam Rangka Peringati HUT RI ke-75 Di Tubaba Berjalan Hikmad.

Lebih lanjut diterangkan Rozali, hingga pukul 20.00 wib, pihaknya belum mendapatkan konfirmasi dari pihak RAUD Ibnu Sutowo terkait rujukan tersebut bahkan sampai hari ini rujukan teraebut belum dikonfirmasi ke pihak Dinas Kesehatan.

“Saat ini pasien tersebut swdang di rawat di ruang isolasi, dan langkah kami sudah mengopservasi keluarga pasien dalam rangka penanganan dan pencegahan lebih lanjut,” bebernya.

Dihaimbau kepada masyarakat, lanjut Rozali, pihaknya mengajak masyarakat untuk tidak menanggapi hal tersebut terlalu berlebihan dan terus meningkatkan kewapadaan serta melakukan pola hidup sehat dan bersih agar terhindar dari paparan Covid 19. (Rully)

Print this entry