Kabupaten Mesuji Kembali Sumbangkan Dua Pasien Positif Covid-19

oleh -9 views

 

MESUJI, RB.News – Dari nihil kasus Covid, kini terjadi penambahan dua warga terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga total delapan positif Covid-19 di Kabupaten Mesuji, Lampung. Pasien ini berasal klaster Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ragam Begawe Caram.

“Perlu saya jelaskan tentang pasien ini. Bahwa pasien 07 kontak erat dengan pasien 02, 03, dan 04 sedangkan pasien 08 kontak erat dengan pasien 02 dan 04,” kata Kepala Dinas Kesehatan Yanuar Fitrian, kepada RB.News. Selasa (15/9/2020).

Baca Juga =  Polsek Way Serdang Patroli Warga Wajib Memakai Masker.

Dia menjelaskan, saat dilakukantracing, ditemukan orang kontak erat berjumlah 124 orang. Dari hasil swab 124 orang tersebut terdapat dua terkonfirmasi positif Covid-19. “Dua yang terkonfirmasi positif tersebut JP (25) berjenis kelamin Laki-laki warga Tanjung Raya, dan L (34) jenis kelamin perempuan yang juga warga Tanjung Raya,” jelasnya.

Adapun kronologinya pada 11 September 2020 dilakukan pengambilan sampel swab yang pertama pada pasien 08. Pada 12 September 2020 dilakukan pengambilan sample swab pada pasien 08 yang kedua. Pada 12 september 2020 dilakukan pengambilan sample swab pada pasien 07 yang pertama.

Baca Juga =  Polres Tanggamus Gelar Pengamanan Rapid Test di Pasar Gisting.

“Selanjutnya, pada 12 sampel swab dikirim ke Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji. Pada 14 September 2020 hasil lab sample swab atas nama pasien 07 dan pasien 08 keluar dan dinyatakan positif Covid-19. Sekarang ini kondisi pasien 07 dan pasien 08 adalah orang tanpa gejala dan isolasi mandiri di rumah,” kata dia.

Dia menghimbau, kepada masyarakat untuk tidak panik dan selalu waspada, selalu gunakan protokol kesehatan dalam aktivitas, menggunakan masker dengan benar di ruang publik. Kemudia, mencuci tangan pada air yang mengalir dengan menggunakan sabun selama 20 detik, dan jaga jarak antar orang minimal 1 meter.

Baca Juga =  Warga Pulau Sebuku DiGegerkan Dengan Penemuan Mayat Anonim Tanpa Kepala.

Tambahan dua orang terpapar Covid-19 tersebut masih satu klaster di RSUD Ragam Begawe Caram. Keduanya, seorang laki-laki bekerja sebagai security (satpam) dan perempuan bekerja di bagian farmasi (apotik). (L/fan)

 

Editor:Herdi (@)

Print this entry